Is All About Extraordinary

Minggu, 01 Januari 2012

Yang Spesial Di Bulan Januari

Sebagai Warga Negara yang baik, sudah seharusnya kita mengetahui hari-hari bersejarah apa saja yang perlu untuk diingat. karena sejarah masa lalu merupa pembelajaran beharga bagi perjalanan suatu bangsa. Untuk itu mari kita lihat hari spesial apa di bulan Januari: 
 
1 Januari: Tahun baru Masehi

Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya.  

01 Januari - Hari Perdamaian Dunia

Perdamaian dapat menunjuk ke persetujuan mengakhiri sebuah perang, atau ketiadaan perang, atau ke sebuah periode di mana sebuah angkatan bersenjata tidak memerangi musuh. Damai dapat juga berarti sebuah keadaan tenang, seperti yang umum di tempat-tempat yang terpencil, mengijinkan untuk tidur atau meditasi. Damai dapat juga menggambarkan keadaan emosi dalam diri dan akhirnya damai juga dapat berarti kombinasi dari definisi-definisi di atas.

Pencipta perdamaian adalah tokoh yang mengatasi kekerasan dan konflik yang dihadapi melalui kepemimpinan dan visi untuk mencapai perdamaian. Penghargaan Nobel Perdamaian dianugerahkan setiap tahun untuk tokoh terkemuka, umumnya pencipta perdamaian dan visioner yang telah mengatasi lingkaran setan kekerasan, konflik, atau penindasan melalui kepemimpinan moralnya, namun yang menimbulkan kontroversi, banyak mantan penghasut perang yang dipercaya membawa dunia mendekati akhir keadaan tersebut melalui pemberian istimewa dalam mencoba mencapai perdamaian.

Di bawah ini adalah sebagian daftar penerima Nobel Perdamaian yang dianggap kontroversial oleh sebagian pihak:

    Theodore Roosevelt (1906);
    Martin Luther King, Jr. (1964);
    Henry Kissinger dan Le Duc Tho (1973);
    Anwar Sadat (1978);
    Mother Teresa (1979);
    Nelson Mandela dan Frederik Willem de Klerk (1993);
    Yasser Arafat, Shimon Peres dan Yitzhak Rabin (1994);
    John Hume dan David Trimble (1998);
    Wangari Maathai (2004).    

Beberapa Kutipan:
Dari Surat dari Penjara Birmingham karya Martin Luther King, Jr.:
"Perdamaian yang sesungguhnya bukan semata-mata tidak ada ketegangan: melainkan adanya keadilan."

Dari Henry Timrod, dikenal sebagai Penyair Istana Konfederasi, yang menulis puisi yang bersemangat yang menyebabkan banyak pemuda yang mendaftarkan diri sebagai Tentara Konfederasi selama Perang Saudara Amerika. Namun, setelah menyaksikan horor perang, ia menulis doa untuk perdamaian yang amat pedih:
"Tidak semua kegelapan negeri dapat menyembunyikan mata dan tangan yang terangkat; maupun konflik yang berdentang harus berakhir, untuk membuat-Mu mendengar jerit kami demi perdamaian."

05 Januari - HUT Korps Wanita Angkatan Laut

10 Januari - Hari Tritura
Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan didukung penuh oleh Angkatan Bersenjata. Tiga tuntutan tersebut didasarkan oleh kondisi negara waktu itu. Memasuki akhir 1965, keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama BBM.

Isi Tritura ditahun 1966 adalah:
1. Bubarkan PKI
2. Perombakan kabinet
3. Turunkan harga

Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September).  Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu.

Kemudian di tahun 1998 Tritura versi kedua muncul seiring munculnya Gerakan Reformasi.

Isi Tritura di tahun 1998 adalah :
1. Turunkan HarGa (SoeHARto & keluarGA)
2. Turunkan harga
3. Reformasi kabinet (?) 

10 Januari-Hari Sejuta Pohon

Berdasarkan kegunaannya tanaman bukan saja berfungsi sebagai penyaring udara dan menampung air tanah tapi juga mampu memberikan efek sejuk dan mengurangi polusi suara. Mari kita lihat bersama-sama kegunaan tersebut.

1. Mengurangi Kebisingan
2. Pendingin Alami
3. Menyimpan Air Tanah
4. Bumbu Dapur dan Obat KeluargaTanaman untuk bumbu dapur seperti daun pandan, lengkuas, dan jahe sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan lahan yang luas.


15 Januari: Hari Peristiwa Laut dan Samudera

Tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudra. Yaitu untuk mengenang "jiwa atau semangat" pengorbanan dari seluruh pejuang bahari (TNI AL) untuk mempertahankan kedaulatan negeri ini dari masa ke masa.

25 Januari - Hari Gizi
25 januari 1627, Empat abad yang silam lahirlah seorang bayi bernama Robert Boyle di Irlandia. Kelak kita kenal bayi tersebut tumbuh dewasa menjadi seorang besar karena kejeniusan otaknya. Sedikit mengutip dari situs ensiklopedia Wikipedia, dia adalah seorang filsuf, kimiawan, fisikawan, penemu, dan ilmuwan. Ia begitu tersohor karena karya-karyanya di bidang fisika dan kimia. Walaupun riset dan filsafat pribadinya jelas berakar dari tradisi alkimia, ia sering dianggap sebagai kimiawan modern pertama. Seorang ilmuwan besar yang mengharumkan bagi bangsa kelahirannya tentu.

Bukan ingin membahas tentang hal ihwal tentang ilmu Kimia, saya hanya melihat persamaan tanggal yang tertera di kalender tersebut. Bersama dengan hari kelahiran seorang jenius tersebut, di Indonesia 25 Januari tertulis di kalender nasional sebagai Hari Gizi dan Makanan, serta Hari Kusta.

25 Januari - Hari Kusta Internasional

Konon, kusta telah menyerang manusia sejak 300 SM, dan telah dikenal oleh peradaban Tiongkok kuna, Mesir kuna, dan India. Pada 1995, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat dua hingga tiga juta jiwa yang cacat permanen karena kusta. Walaupun pengisolasian atau pemisahan penderita dengan masyarakat dirasakan kurang perlu dan tidak etis, beberapa kelompok penderita masih dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti India dan Vietnam.

Pengobatan yang efektif terhadap penyakit kusta ditemukan pada akir 1940-an dengan diperkenalkannya dapson dan derivatnya. Bagaimanapun juga, bakteri penyebab lepra secara bertahap menjadi kebal terhadap dapson dan menjadi kian menyebar. Hal ini terjadi hingga ditemukannya pengobatan multiobat pada awal 1980-an dan penyakit ini pun mampu ditangani kembali.

sumber:
id.wikipedia.org
dinkes.gorontalo.web.id
kesehatan.kompasiana.com
mywrotes.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

My Great Web page

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates