Is All About Extraordinary

Kamis, 05 Januari 2012

Pesona Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta

Uluru, dikenal juga sebagai Ayers Rock, adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, sekitar 350 km di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia. Uluru adalah benda keramat bagi suku Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif.
 

Penamaan
Nama Uluru digunakan oleh orang Anangu suku Aborigin dan tidak memiliki makna khusus dalam Pitjantjatjara, bahasa setempat.

Pada Oktober 1872, penjelajah Ernest Giles menjadi orang asing pertama yang melihat batuan ini namun tidak bisa mendekat karena dihalangi Danau Amadeus dan hanya menyebutnya sebagai "the remarkable pebble". 

Pada bulan Juli 1873, surveyor William Gosse mengunjungi batu ini dan menamainya Ayers Rock, untuk menghormati Chief Secretary Australia Selatan, Sir Henry Ayers.

Pada 1993, diadopsilah kebijakan nama dual sehingga pada 15 Desember, namanya menjadi Ayers Rock / Uluru dan pada 6 November 2002, namanya dibalik menjadi Uluru/Ayers Rock atas permintaan dari Asosiasi Turisme Regional Alice Springs.

Uluru merupakan salah satu dari ikon alam Australia yang paling terkenal.
Uluru juga disebut monolit, yaitu sebuah batu tunggal atau Boulder raksasa, memperluas sekitar 5km bawah dataran gurun dan berukuran 3,6 untuk 2.4km di permukaan. 

Formasi pasir yang terkenal sedunia berdiri 348 m (1142 ft) tinggi (863 m / 2831 ft di atas permukaan laut) dengan sebagian besar massa berada di bawah tanah, dan ukuran lingkar 9,4 km (5,8 mil). 

Beberapa mengatakan bahwa Uluru adalah yang terbesar dari jenisnya, yang lain mengatakan bahwa Gunung Augustus di Western Australia yang lebih luas. Apapun kondisinya, berdiri di depan Uluru dan melihat curah yang besar naik di atas dataran sekitarnya, itu tidak kekurangan mengesankan. 

Kata Tjuta adalah kumpulan dari 36 kubah batu berbagai ukuran 36 km sebelah barat dari Uluru. Beberapa ahli geologi percaya bahwa ketika ada mungkin telah jauh melampaui monolit Uluru dalam ukuran, tetapi terkikis untuk memisahkan beberapa bulks dari batu.

Uluru dan Kata Tjuta memiliki makna budaya besar untuk orang Anangu suku Aborigin, yang mengarah ke jalan-jalan wisata menginformasikan pengunjung lokal tentang flora dan fauna, makanan dan semak Aborigin Mimpi cerita kawasan.
 
Orang-orang Anangu telah tinggal di daerah tersebut selama ribuan tahun. Beberapa catatan menyarankan mereka mungkin telah ada selama lebih dari 10.000 tahun.

Selain kedua fitur utama dari taman juga melindungi ratusan spesies tanaman, 24 spesies mamalia asli dan 72 jenis reptil. Untuk melindungi ini, off-road akses jauh dari Uluru dan Kata Tjuta tidak diperbolehkan.

Uktuk iklim, pada bulan Desember dan Januari, suhu bisa panas terik, dan beberapa daerah mungkin ditutup untuk keselamatan wisatawan. Juli, Agustus dan September, menawarkan iklim yang lebih hangat, tapi masih cukup hangat untuk bekerja sampai keringat di tengah hari.

0 komentar:

Posting Komentar

My Great Web page

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates